Minggu, 24 Januari 2010

IIS, DNS, Active Directory, email client, web server, remote desktop

  1. Pengertian & Fungsi IIS

Internet Information Service (IIS) adalah komponen yang dapat digunakan untuk mengelola web, atau sebagai web server. File Transfer Protocol (FTP), Ghoper, dan NNTP. Komponen IIS terdapat pada sistem operasi Windows NT ,Windows 2000, Windows XP dan Windows Server 2003.

Pada Windows 98, supaya dapat mengelola Web diperlukan komponen Personal Web Server (PWS) walaupun tidak terdapat fasilitas untuk FTP. PWS juga merupakan bagian dari IIS. Komponen PWS terdapat pada CD master Windows 98 dan terletak pada direktori \add-ons\pws. Instalasi PWS dapat dilakukan dari :\ADD-ONS|PWS|SETUP.

Komponen pendukung IIS antara lain :

  • 1. Protocol jaringan TCP/IP.

  • 2. Domain Name System (DNS).

  • 3. Direkomendasikan untuk menggunakan format NTFS demi keamanan.

  • 4. Software untuk membuat situs web, salah satunya Microsoft FrontPage.

Pada pembahasan Internet Information Service ini, yang banyak dibahas adalah Internet Information Service yang terdapat pada Windows 2000 Server dan hanya terbatas pada Files Transfer Protocol (FTP) dan web saja..

  1. Pengertian & Fungsi DNS

PENGERTIAN DNS

Domain Name System (DNS) Adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address dan salah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan IP address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP address. DNS biasanya digunakan pada aplikasi yang berhubungan ke internet sererti Web Browser atau e-mail, Dimana DNS membantu memetakan host name sebuah computer ke IP address. Selain digunakan di internet DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau internet.



FUNGSI DNS

A. Kerangka Peraturan pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT.

B. Menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer,Beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya,Tiga belas server akar (root server)digunakan oleh seluruh dunia.


KEUNGGULAN DNS

  1. DNS mudah untuk di implementasikan di protocol TCP/IP

  2. DNS server mudah untuk di konfigurasikan(Bagi admin)

  3. User tidak lagi di repotkan untuk mengingat IP address


KEKURANGAN DNS


  1. DNS tidak mudah untuk di implementasikan

  2. Tidak konsisten

  3. Tidak bias membuat banyak nama domain.


  1. Pengertian & Fungsi Active Directory


Active Directory

Active Directory (AD) merupakan feature terpenting Windows 2003 yang membedakan dari arsitektur Windows NT. Bagi anda yang telah berpengalaman dengan Windows NT, maka Active Directory adalah pengganti teknoogi NT SAM database yang berisi konfigurasi security, user, group, dan komputer, dengan banyak kelebihan lain yang dimiliki AD.


Konsep dan Fungsi Active Directory

Active Directory adalah directory service yang menyimpan konfigurasi jaringan baik user, group, komputer, hardware, serta berbagai policy keamanan dalam satu database terpusat. Peranan AD dalam jaringan dapat diumpamakan sebagai buku telepon, yang menyimpan daftar alamat dan informasi penting untuk mengenali berbagai obyek dalam jaringan. Peran utama AD adalah menyediakan sarana untuk melakukan admnistrasi jaringan secara terpusat baik di level domain maupun lintas domain, selama antar domain tersebut masih berada dalam satu forest. Kehadiran AD semakin memudahkan administrator dalam mengelola jaringan sehingga tidak diperlukan kehadiran administrator secara fisik, karena konfigurasi user, group, dan komputer dapat dilakukan secara remote. Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya Global Catalog (GC) yang menyimpan konfigurasi komputer dan obyek jaringan, dimana GC tersebut dapat diakses dari manapun di dalam jaringan dengan memanfaatkan infrastruktur AD.



Menggunakan Microsoft Management Console

Microsoft Management Console adalah satu set interfae untuk memudahkan konfigurasi dan monitoring semua obyek di jaringan Windows 2000. Anda dapat menambahkan obyek-obyek yang akan dimanage dengan menambahkan snap-in ke dalam MMC.

Snap-in yang dapat ditambahkan sangat beragam, antara lain :

Internet Service Manager; untuk pengelolaan Web Server

Group Policy; pengelolaan group policy adan hak user

Active Directory User and Computer; untuk manajemen user, group, dan active

directory

DHCP Server; untuk konfigurasi DHCP

Untuk menampilkan dialog MMC ketikkan mmc pada Run, sehingga tampil jendela utama MMC sebagai berikut :









Konfigurasi Active Directory



Untuk menampilkan snap-in yang akan ditambahkan klik Console > Add/Remove Snap-in, lalu klik Add sehingga tampil koleksi snap-in yang siap ditambahkan ke MMC.


Anda dapat menambahkan berbagai Snap-in ke dalam MMC sesuai dengan kebutuhan. Untuk manajemen user, group, dan Active Directory, sorot Active Directory Users and Computers lalu klik Add. Tambahkan pula snap-in lain yaitu Active Directory Domains and Trusts dan Active Directory Sites and Services.


Selanjutnya anda tutup dialog MMC dan simpan dengan nama AD Admin. Anda dapat membuat banyak MMC sesuai dengan kebutuhan, dan memberikan nama sesuai dengan snap-in yang ditambahkan. Hal ini memudahkan dalam administrasi dan akses terhadap jendela konfigurasi yang dibutuhkan.

Untuk mengakses MMC yang telah dibuat, buka menu Start > Program > Administrative Tools > AD Admin. Selanjutnya tampil jendela utama MMC Admin AD yang telah dibuat sebelumnya. Untuk melihat user dan group yang telah tersedia, expand Active Directory Users and Computers lalu sorot folder User. Tampak built in group dan user yang telah tersedia di Windows 2003 Server secara default.




















  1. Pengertian & Fungsi Remote Desktop

Remote Desktop adalah sebuah fitur di Windows yang mengizinkan dan memudahkan penggunanya untuk mengakses sumber data atau aplikasi yang berada di komputer lain melalui jaringan. Fitur ini telah tersedia didalam Windows Vista Business dan Ultimate serta di dalam Windows XP Profesional.
Dengan kata lain Remote Desktop dapat mengambil alih/mengendalikan langsung fungsi komputer lain dari sumbernya. yang tentu saja dengan menggunakan jaringan, baik itu melalui LAN maupun Internet.

Kita bisa menggunakan komputer kita lewat jarak jauh selama masih terhubung dengan jaringan. Bayangkan saja kita bisa login ke komputer kita seolah olah didepan kita , padahal kita berada di ruangan lain yang jaraknya bisa ratusan meter.


  1. Pengertian & Fungsi Web Server

WEB SERVER adalah Suatu program (dan juga mesin yang menjalankan program) yang mengerti protokol HTTP(HyperText Transfer Protocol) dan dapat menanggapi permintaan-permintaan dari web browser yang menggunakan protokol tersebut. sedangkan WEB itusendiri adalah Suatu sistem di internet yang memungkinkan siapapun agar bisa menyediakan informasi. Anda mempunyai banyak pilihan di dunia open source, tergantung pada keperluan Anda. Salah satu web server yang sangat terkenal dan menjadi standar de facto setiap distribusi Linux, yaitu Apache.Apache adalah nama web server yang dibuat berbasiskan kode sumber dan ide-ide yang ada pada web server leluhurnya, yaitu web server NCSA. Sesuai namanya, web server NCSA dibuat oleh National Center for Supercomputing Applications. Tidak seperti poryek leluhurnya yang dibiayai oleh pemerintah Amerika, web server Apache dikembangkan oleh sekelompok programer yang bekerja tanpa dibayar oleh siapapun. Mereka mengerjakan proyek ini dengan berbagai macam alasan, akan tetapi alasan yang paling mendasar adalah mereka senang jika perangkat lunak mereka digunakan oleh banyak Apache adalah web server yang kompak, modular, mengikuti standar protokol HTTP, dan tentu saja sangat digemari. Kesimpulan ini bisa didapatkan dari jumlah pengguna yang jauh melebihi para pesaingnya. Sesuai hasil survai yang dilakukan oleh Netcraft, bulan Januari 2005 saja jumlahnya tidak kurang dari 68% pangsa web server yang berjalan di Internet. Ini berarti jika semua web server selain Apache digabung, masih belum bias mengalahkan jumlah Apache. Saat ini ada dua versi Apache yang bisa dipakai untuk server produksi, yaitu versi mayor 2.0 dan versi mayor 1.3. Anda bisa menggunakan salah satu dari keduanya. Tapi sangat dianjurkan Anda memakai versi 2.0.


2. Fitur Apache Mengapa kita harus memilih Apache? Tentu itu pertanyaan yang terfi kir dalam benak Anda. Ya, tentu saja kita harus mempunyai alasan untuk segala hal, termasuk memilih Apache sebagai web server pilihan. Mungkin daftar berikut bisa menjadi jawabannya :

Arsitektur modular.

Mendukung banyak sistem operasi, termasuk di dalamnya adalah Windows NT/2000/XP dan berbagai varian Unix.

Mendukung IP versi 6 (Ipv6).

Mendukung CGI (Common Gateway Interface) dan SSI (Server Side Include).

Mendukung otentifi kasi dan kontrol akses.

Mendukung SSL (Secure Socket Layer) untuk komunikasi terenkripsi.

Konfi gurasi yang mudah dipahami.

Mendukung Virtual Host.

Pesan kesalahan multi bahasa dan bias dimodifikasi.


  1. Pengertian & Fungsi Email Client

E-mail Client, yaitu software yang digunakan untuk organisasi e-mail, baik untuk akun e-mail berbayar maupun yang gratis. Syaratnya, harus ada akun POP3-nya. Selama ini saya sudah menggunakan beberapa e-mail client yaitu Outlook Express, Microsoft Outlook 2003/2007 dan Mozilla Thunderbird.


Outlook Express

E-mail client ini sangat sering digunakan sebab ia sudah tersedia langsung dalam Windows. Konfigurasi dan penggunaannya pun cukup mudah, cukup lewat control panel atau Internet Explorer. Boleh dibilang Outlook Express ini adalah format standar e-mail client. File extension-nya adalah EML. Dilengkapi dengan menu export dan import membuatnya mudah untuk dipindahkan ke e-mail client lainnya. Namun jika digunakan untuk urusan bisnis, Outlook Express ini dirasa kurang sekali. Ia tidak terintegrasi dengan software2 lain seperti messenger contohnya Skype, pdf reader and creator seperti Nitro PDF maupun antivirus seperti AVG. Error handling-nya pun kadang masih suka naik turun, utamanya jika berurusan dengan delivery status message. Jika berpindah sistem operasi seperti Linux, harus di-convert dulu. Overall, Outlook Express layak dipercaya.


Mozilla Thunderbird

Satu lagi keluaran Mozilla yang khusus mengurus masalah e-mail. File extension-nya adalah MSF. Karena milik Mozilla, ia bisa diintegrasikan dengan Mozilla browser maupun add-ons Mozilla yang lain. Ukuran file-nya pun cukup kecil, hanya 34 Mb saja, cukup ringan untuk digunakan. Jika berpindah sistem operasi seperti Linux, tidak perlu diconvert, sebab extension file-nya sudah terdukung. Ia boleh dibilang ‘Outlook Express’ untuk orang2 pro, mengapa? Pertama penggunaannya memang agak ribet, masih menggunakan kode2 html hanya untuk konfigurasi tabel. Kemudian ia tidak dilengkapi dengan menu Export jadi perlu software khusus jika ingin berpindah e-mail client lain. Error handling-nya lebih baik dari Outlook Express tapi tetap saja tidak terintegrasi dengan software2 lain yang dibutuhkan untuk urusan bisnis. Untuk urusan Junk E-mail, Mozilla Thunderbird memang lebih yahud. Setidaknya Mozilla Thunderbird layak untuk dicoba.


Microsoft Outlook 2003/2007

Pilihan bergengsi untuk urusan organisasi e-mail dan memang sangat tepat untuk urusan bisnis. Segalanya mudah dilakukan dan mudah diintegrasikan dengan software pendukung lainnya seperti Skype, Nitro Pdf maupun AVG. Jika berpindah sistem operasi, sama seperti Outlook Express. Untuk versi 2007, lebih dilengkapi dengan menu2 office lainnya dan tampilannya lebih smooth meski harus dibayar mahal dengan besarnya ukuran file (136 Mb). File extension-nya PST sehingga untuk berpindah ke e-mail client lain, perlu di-export terlebih dahulu ke Outlook Express. Organisasi address book bisa jadi keunggulan Microsoft Outlook lainnya sebab terdapat menu export yang mendukung hampir semua jenis object.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar